Selasa, 31 Maret 2020

Cara Merawat Flashdisk Dengan Benar


Bentuknya kecil, ringan, namun memiliki kapasitas penyimpanan yang besar membuat flashdisk digandrungi banyak orang. Sayangnya, masih banyak diantara kalian yang tidak tahu bahwa flashdisk sangatlah rentan rusak. Untuk mencegahnya, lakukanlah hal-hal yang ada dibawah ini.


1. Biasakan eject

Banyak orang, mungkin termasuk kalian, selalu menganggap remeh proses eject sebuah flashdisk. Karena terburu-buru atau malas, kalian sering langsung mencabut flashdisk dari port USB. Padahal hal ini sudah pasti merusak sistem flashdisk. Lebih parahnya lagi, semua data yang tersimpan di dalamnya bisa hilang. Gawat, kan?


2. Jauhkan dari alat elektronik lainnya

Mungkin kalian belum tahu kalau barang-barang elektronik seperti tv dan handphone sangat mempengaruhi flashdisk. Hal ini karena sifat barang elektronik yang memiliki medan magnet kuat. Untuk jangan pernah menyimpan flashdisk di dekat barang-barang elektronik seperti televisi atau ponsel.


3. Tutup selalu

Seperti manusia, flashdisk juga rentan terhadap debu dan kotoran. Jika socket flashdisk kotor, biasanya dapat mengakibatkan proses 'baca tulis' gagal. Jadi, jangan sampai hilang ya tutupnya!


4. Virus scan

Komputer kalian banyak virus? Itu artinya kalian harus semakin berhati-hati. Karena biasanya saat pengambilan data, virus-virus juga ikut berpindah. Apalagi jika kalian sering mengambil data dari internet, bisa cepat rusak deh flashdisk kalian. Untuk mencegahnya, lakukan scan virus secara berkala dengan software anti virus yang tersedia.




5. Jangan kena air

Barang elektronik memang sangat rentan terhadap air. Flashdisk juga sama. Biasakan menyimpan flashdisk kalian di tempat yang aman dan kering.


6. Jauhkan dari tempat panas

Semua barang elektronik tak terkecuali flashdisk sangat peka terhadap paans terutama sinar matahari langsung. Jadi usahakan kalian tidak menyimpan flashdisk ditempat yang panas seperti mobil misalnya.


7. Hindari benturan keras

Barang sekuat apapun, jika jatuh ke lantai pasti bisa membuat kerusakan. Apalagi flashdisk yang sangat rentan. Makanya, jaga flashdisk kalian dari benturan keras ya.


8. Kurangi mengedit langsung

Flashdisk memiliki batasan usia tergantung dari kualitas merek itu sendiri. Biasanya usia flashdisk berkisar antara 10.000 hingga 100.000 kali proses hapus tulis. Untuk menguranginya, usahakan untuk tidak mengedit langsung tulisan dari flashdisk kalian.


Itulah langkah-langkah dalam merawat flashdisk agar awet dan tahan lama. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan diatas. Terimakasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat...


EmoticonEmoticon